MENJADI ORANG YANG PERCAYA DIRI

Ayo jadi orang yang percaya diri (sumber gambar: google)

BANGGAJATIM | SIDOARJO – Sobat. Sebagai seorang Entrepreneur yang religius, kita harus memiliki percaya diri , inilah salah satu rahasia keberhasilan. Tanpa adanya kepercayaan diri maka sulit bagi kita untuk menapaki kesuksesan bisnis.

Sobat. Hakikat percaya diri adalah kepercayaan kepada pertolongan Allah SWT, bukan kepercayaan kepada kemampuan diri semata.Karena pada dasarnya, segala kemampuan kita merupakan anugerah dan karunia dari Allah.

Sobat. Untuk menjadi orang yang percaya diri berusaha sekuat tenaga menjadi manusia pembelajar. Rasulullah SAW bersabda, “ Siapa yang Allah kehendaki kebaikan adanya, niscaya Allah SWT memahamkan urusan agamanya.” (HR Ahmad ). Kepahaman adalah buah ilmu. Oleh karena itu, orang yang paham banyak hal sudah pasti memiliki ilmu yang banyak. Orang yang memiliki ilmu banyak sudah barang tentu belajarnya sangat luar biasa. Oleh Allah SWT pun, orang tersebut dikaruniahi kecintaan yang luar biasa untuk belajar.

Sobat. Orang yang percaya diri menyerahkan segala urusannya kepada Allah SWT. Untuk itu, kita harus memiliki kemantapan hati bahwa hidup, mati, dan ibadah kita hanya untuk Allah SWT. Memiliki keyakinan bahwa kesuksesan bisa diraih. Hal ini disebabkan karena adanya keyakinan bahwa Allah SWT selalu menyertai hidup kita. Memanfaatkan hak untuk mengatur hidup. Dengan pertolongan Allah SWT, kita akan mampu memilih tujuan hidup yang benar. Waspada dengan tipuan syetan. Dengan berlindung kepada Allah, kita akan terbebas dari godaan syetan.

Sobat. Bagaimana agar kita lebih percaya diri ? Berikut ini ada 4 hal yang bisa membantu kita lebih percaya diri :

1. Biasakanlah untuk berpikir sukses, bukan berpikir gagal. Kita sukses atau gagal bergantung pada bagaimana cara kita berpikir. Kalau kita berpikir bisa dan sukses, Insya Allah pasti bisa dan sukseslah yang kita raih.
2. Sadarilah bahwa kita lebih baik dari yang kita duga. Banyak orang yang kaget dengan prestasi yang telah dicaainya. “Kok, bisa ya ?” Ucapan ini sering terlontar ketika kita meraih kesuksesan. Hal ini wajar karena selama ini mungkin kita meremehkan kemampuan diri yang sebenarnya lebih baik dari yang kita duga.
3. Bulatkan keyakinan kepada Allah , jangan setengah-setengah. Keyakinan yang optimal kepada Allah akan menhasilkan dampak yang maksimal. Sebaliknya, keyakinan yang setengah-setengah akan mendatangkan hasil yang kurang sempurna.
4. Masukkan hanya pikiran positif ke dalam ingatan kita. Pikiran ibarat teko, hanya akan mengeluarkan apa yang ada di dalamnya. Kalau kita memasukkan air the , yang akan keluar air the. Kalau kita memasukan air kopi, yang akan keluar air kopi. Begitu juga kalua kita memasukkan pikiran-pikiran kesuksesan ke dalam otak kita, yang akan keluar juga kesuksesan.
5. Untuk menimbulkan percaya diri maka ada dua spek yang peril kita rubah dan perhatikan , yaitu mengubah sikap mental dan mengubah cara kita bertindak.

Sobat. Bagaimana cara mengubah sikap mental ? Percayalah bahwa kita merupakan makhluk yang terbaik. Jangan takut kepada manusia, tapi takutlah hanya kepada Allah. Sadarilah bahwa setiap orang adalah special dan mempunyai keunikan tersendiri. Berbicaralah terus terang dan apa adanya. Terapkanlah sasaran hidup kita dan buatlah rencana untuk meraihnya. Uraikan menjadi sasaran jangka panjang dan jangka pendek. Dengan adanya kejelasan tujuan hidup maka kita akan merasa optimis dalam menjalankan kehidupan. Sadarilah bahwa kekuatan spiritual adalah kekuatan yang paling besar di dunia. Kekuatan Ilahi akan mampu mecahkan semua masalah.

Sobat. Bagaimana mengubah cara kita bertindak? Biasakanlah untuk duduk di kursi terdepan bila mengikuti seminar, rapat training dan acara lainnya. Hal ini menunjukkan kepercayaan diri kita. Biasakanlah mengadakan kontak mata ketika berbicara dengan orang lain. Dengan menatap mata lawan bicara secara wajar, akan menunjukkan kepercayaan diri dan ketulusan kita. Berjalanlah lebih cepat. Hal ini menunjukkan bahwa kita mempunyai tujuan jelas yang akan kita capai. Tersenyumlah lebar. Tersenyum dengan sungguh-sungguh dan tukus akan berdampak besar terhadap peningkatan kepercayaan diri kita, bahkan dapat menurunkan stress.

Sobat. Di penghujung artikel ini ayo kita selalu lakukan

( Spiritual Motivator – DR.N.Faqih Syarif H,M.Si. Penulis Buku Gizi Spiritual. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur. Majelis Kyai PP Al-Ihsan Baron Nganjuk. Dewan Pembina PP Al-Amri Leces Probolinggo Jawa Timur )