BANGGAINDONESIA | SURABAYA – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM dewasa ini sangat familiar ditelinga masyarakat Indonesia. Faktanya Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia melaporkan bahwa Usaha Mikro menyerap sekitar 107,2 juta tenaga kerja (89,2%), Usaha Kecil 5,7 juta (4,74%), dan Usaha Menengah 3,73 juta (3,11%); sementara Usaha Besar menyerap sekitar 3,58 juta jiwa. Artinya secara gabungan UMKM menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional, sementara Usaha Besar hanya menyerap sekitar 3% dari total tenaga kerja nasional. Maka tidak heran jika pemerintah menyebut UMKM sebagai salah satu sektor yang berperan besar dalam sistem perekonomian di Indonesia.

Launching gebyar wisata UMKM

Untuk semakin memaksimalkan peran UMKM, tidak hanya pemerintah yang bergerak. Pihak swasta turut mendukung pemaksimalan peran UMKM dengan berbagai event menarik. Salah satunya yaitu Gebyar Wisata UMKM. Acara yang digalangi Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Jawa Timur  bersama Asosiasi Kemakmuran Saudagar Indonesia (AKSINDO) menggelar Gebyar Wisata UMKM, pada 7 -9 April 2020 di Garden Palace Hotel Surabaya. Kegiatan ini untuk menyikapi menjamurnya UMKM di Indonesia.

Dalam acara ini, diperkirakan akan ada 150 UMKM dari seluruh Indonesia dan bahkan Malaysia akan bergabung acara ini. Beberapa brand besar juga akan turut ambil bagian, seperti Krisna dari Bali, Dagadu dari Yogyakarta, serta biro pariwisata dan travel Ageng. Mereka akan membuka gerainya pada event ini.

Wiwik Sri Wulandari selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, “Event ini tidak sekadar pameran produk UMKM melainkan mempertemukan antara pelaku usaha UMKM dan biro pariwisata. Sekaligus mendekatkan antara pembeli dan penjual. Biro pariwisata ini kan juga punya kaitan erat membantu mempromosikan produk daerah khususnya UMKM”.

Gebyar Wisata UMKM akan mempertemukan buyer dan UMKM. Diharapkan ada efek yang luar biasa. Pihak UMKM akan mendapatkan data base dari pembeli sehingga ada nilai tambah untuk produknya. Di sisi lain, pembeli dapata memilih produk UMKM berkualitas dari berbagai bidang  tanpa harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here