Bapak Misdiantoro, S.Sos, ketika memberikan pengumuman perolehan omset total mahasiswa di Bulan Desember

BANGGAJATIM | SURABAYA – Jumlah pengangguran meningkat dari tahun ke tahun. Banyak program pemerintah saat ini yang mengarahkan agar generasi muda menjadi generasi siap kerja yang mampu mencetak lapangan pekerjaan. Fresh graduate baik SMA maupun siswa diarahkan untuk menjadi pebisnis muda. Harapannya tentu mengurangi jumlah pengangguran dengan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan yang harus mampu mengimbangi jumlah angkatan kerja di Indonesia.

Untuk turut mendukung program pemerintah, MEC (Mandiri Enterpreneur Center) turut menjadikan bidang kewirausahaan sebagai salah satu bidang unggulan yang diprioritaskan bagi para mahasiswa (4/01/2020). Bidang tersebut dinamakan Bidang Pengkaryaan. Bidang ini dipimpin langsung oleh Bapak Misdiantoro, S.Sos, selaku Wakil Kepala 2 Bidang Humas dan Pengkaryaan. Bidang pengkaryaan sendiri memiliki fungsi untuk memastikan mahasiswa tidak hanya belajar dan praktek sesuai bidang ilmu yang ditekuninya, namun juga terjun dan mengenal bidang kewirausahaan. Nantinya mahasiswa diharapkan mampu menjadi generasi muda siap kerja untuk menjawab permintaan pasar, atau menjadi wirausahawan dengan berbisnis dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia umunya, dan di daerah masing-masing khususnya.

“Bidang Pengkaryaan itu intinya memastikan mahasiswa tidak nganggur, punya karya, punya penghasilan. Sehingga mahasiswa dapat lebih sejahtera dengan memastikan ekonomi pribadinya terpenuhi yang nantinya mereka tidak lagi merepotkan orang tua, dan kemudian dapat membantu orang tua dengan hasil yang telah di dapat”, ungkap Bapak Yatno, selaku Wakil Kepala 2 Bidang Pengkaryaan.

Hasil karya mahasiswa MEC prodi Desain Grafis

Mahasiswa diharapkan dapat berpraktek wirausaha dengan menjalankan bisnis yang disenanginya, omset yang mereka dapat akan ditabung. Target tabungan mahasiswa adalah 1,5 Juta selama mereka menjadi mahasiswa, kurang lebih 6 bulan. Hingga akhir Desember 2019, total omset mahasiswa sudah mencapai hampir 100 juta rupiah. Pencapaian ini adalah rekor baru di MEC.

Hal ini merupakan kebanggan tersendiri bagi MEC dan para mahasiswa. Kamarudin (19) menyatakan bahwa dengan adanya program yang berfokus pada kewirausahaan sangat memotivasi dirinya untuk dapat mengenal bidang bisnis. Ditambah lagi dengan adanya reward yang semakin membuat para mahasiswa antusias untuk memulai bisnis.

@Nia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here